Penerapan Model Pembelajaran Make-A Match (Mencari Pasangan) Untuk Meningkatakan Kemampuan Siswa Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN 1 Terong Tawah
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 1 Terong Tawah. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Penerapan model pembelajaran Make – A Match ( Mencari Pasangan ) untuk meningkatakan kemampuan siswa mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 1 Terong Tawah Tahun 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 1 Terong Tawah tahun pelajaran 2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan observasi. Faktor yang diteliti adalah faktor siswa dan faktor guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Make – A Match ( mencari pasangan ) untuk meningkatakan kemampuan siswa mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 1 Terong Tawah Tahun 2017 hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus,yaitu 42,5% untuk siklus I 77,5%untuk siklus II Peningkatan hasil belajar siswa diukur dengan terpenuhinya ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam setiap siklus.