Manajemen Peserta Didik Profesional Dalam Praktik

Abstract

Manajemen peserta didik haruslah terlebih dahulu memahami tentang manajemen baik pendapat ahli maupun secara etimologis. Dalam pengertian secara umum manajemen sebagai salah satu sistem fungsi-fungsi serta pemanfatan unsur-unsur manajemen dalam organisasi. Pendapat lain memandang manajemen sebagai Ilmu dan Seni, sebagai proses sosial yang memandang fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi penggerakan dan fungsi pengawasan sebagai sebuah siklus. Sebagai proses yaitu dengan melihat fungsi Perencanaan merupakan sebuah keputusan dalam mengaplikasikan fungsi manajemen lainnya. Proses fungsi-fungsi manajemen tersebut sekaligus mengatur hubungan antar fungsi dan akan menjadi gambaran fleksibilitas fungsi perencanaan sebagai sebuah awal pengoganisasian, penggerakan dan pengawasan. Dalam pengertian manajemen sebagaimana diuaikan diatas, maka manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. Manajemen peserta didik memusatkan perhatian pada perencanaan, pengaturan, pengawasan dan layanan siswa di kelas dan di luar kelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan individual seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matang di sekolah. Dalam perospektif peseta didik memiliki berbagai macam harapan yang harus dapat diwujudkan ketika mereka telah menamatkan pendidikannya di jenjang persekolahan. Prospektif peserta didik akan berhasil sebagaimana dihajatkan, jika manajemen peserta didik dikelola secara profesional. Pofesional guru dalam pembentukan sikap selain seperangkat kompetensi peserta didik sehingga memiliki Ilmu pengetahuan, dan skill. Untuk mengkaji secara komplek metode yang digunakan dalam tulisan ini, yaitu metode deskriptif artinya memahami apa yang menjadi objek tulisan, mencermati berbagai situasi dan realitas sosial yang ada di masyarakat dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, tulisan, media online yang sesuai objek tulisan. Dengan metode tersebut ditemukan bagaimana pentingnya manajemen peserta di dik profesional dalam praktik, dalam mencetak peserta didik yang memiliki kompetensi sebagaimana yang dihajatkan oleh peserta didik itu sendiri dan lembaga pendidikan dimana peserta didik tersebut belajar.