Pengembangan Alat Evaluasi Psikomotor SMP Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan aspek-aspek psikomotor yang dapat diukur dengan menggunakan alat evaluasi psikomotor dan mendapatkan tingkat pencapaian aspek psikomotor peserta didik dengan menggunakan alat evaluasi psikomotor yang sudah dikembangkan pada pokok bahasan besaran dan pengukuran di kelas VII SMP Negeri 1 Keruak. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitianpengembangan model 4-D (Four D Model) yang meliputi define, design, develop dan disseminate. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1Keruak. Dengan instrument penelitian yang meliputi: lembar evaluasi psikomotor, lembar penilaian instrument, dan Rubrik penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). aspek psikomotor yang dapat diukur dengan menggunakan alat evaluasi psikomotor yang sudah dikembangkan adalah: (a) peserta didik mengkalibrasi alat sebelum digunakan; (b) peserta didik meletakkan benda yang akan diukur pada alat ukur; (c) peserta didik memegang alat dengan benar; (d) peserta didik membaca alat ukur dengan tepat; (e) peserta didik menentukan nilai pada skala alat ukur dengan benar. 2). Tingkat pencapaian psikomotor peserta didik yang mampu menggunakan alat ukur dengan baik, yaitu pengukuran menggunakan jangka sorong ada 42,83% peserta didik, mikrometer sekrup ada 23,33% peserta didik dan stopwatch ada 80,00% peserta didik.