Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Produk Terhadap Kinerja Industri Kreatif Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan kreativitas produk terhadap inovasi produk, pengaruh orientasi pasar, inovasi dan kreativitas produk terhadap keunggulan bersaing, dan pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja industri. Penelitian ini merupakan field research pada para pelaku industri kreatif di kota Malang, khususnya yang tergabung dalam Malang Creative Fusion (MCF). Sampel sebanyak 133 pelaku industri kreatif dipilih dengan pendekatan accidental pusposive sampling. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar dan kreativitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Di sisi lain, orientasi pasar, inovasi dan kreativitas produk juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Selain itu,  keunggulan bersaing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja industri. Implikasi manajerial hasil penelitian ini adalah bahwa untuk mencapai kinerja industri yang tinggi, seharusnya industri kreatif meningkatkan orientasi pasar, inovasi dan kreativitas produk. Apaun cara meningkatkan orieantasi pasar, inovasi dna kreativitas produk, industri kreatif seharusnya berorientasi pada apa yang diinginkan pelanggan, bagaimana strategi pesaing dan meningkatkan koordinasi lintas-fungsi. Selain itu berusaha menemukan produk yang orisinil, unik, dan memiliki daya tarik yang tinggi atau minimal mengembangkan produk yang sudah ada, membuat differensiasi terhadap produk yang dicipta dan menjualnya dengan harga bersaing.