Pertumbuhan Bisnis Melalui Metode O2O pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia

Abstract

Upaya pemerintah dalam mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk “go online” mendapat dukungan besar dari para pelaku e-commerce. Hal ini disebabkan karena kekuatan ekonomi khususnya di Indonesia sebesar 60% terletak pada UMKM. Di era mobile internet saat ini, jumlah pengguna smartphone yang telah melakukan online adalah sumber utama dalam pengembangan UMKM. Salah satu strategi yang diadopsi oleh banyak pelaku bisnis di Indonesia adalah strategi Online to Offline atau Offline to Online (O2O). Model bisnis O2O tidak hanya mengubah mentalitas konsumen dan model layanan tetapi juga membawa tantangan baru bagi e-commerce tradisional. Dapat dikatakan bahwa e-commerce saat ini mencari cara baru untuk menggabungkan ekonomi online dan offline, yang merupakan tren yang tak terelakkan dalam pengembangan e-commerce. Oleh karena itu, model bisnis O2O adalah model bisnis yang tepat untuk UMKM karena memiliki prospek pengembangan yang besar. Makalah ini akan membahas pengenalan model O2O dan strategi pengembangannya kepada UMKM, dan juga untuk mempromosikan pengembangan aplikasi e-commerce berbasis O2O di UMKM.