KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTs. Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang. Pada materi kubus dan balok melalui strategi pembelajaran time token student facilitator and explaining. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tidakan kelas partisipan. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-i MTs. Al-Itiihad Belung Poncokusumo Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari (1) tes, (2) observasi, dan (3) catatan lapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif sebagai pelengkap dari data kualitatif. Data kualitatif dianalisis dengan tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif, yaitu dengan mencari presentase ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran time token student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-i MTs. Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang tahun ajaran 2016/2017. Hasil peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa tersebut adalah sebagai berikut (1) ketuntasan belajar siswa meningkat 57,14% dari siklus I ke siklus II, (2) keterlaksanaan pembelajaran meningkat 10,25% dari siklus I ke siklus II, dan (3) kegiatan pembelajaran siswa meningkat 17,26% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran time token student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-i MTs. Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang tahun ajaran 2016/2017.