ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DAN CARA MENGATASINYA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII-C SMP NEGERI 13 MALANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis miskonsepsi siswa, penyebab miskonsespsi siswa, dan cara mengatasinya pada materi bentuk aljabar kelas VII-C SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 13 Malang tahun ajaran 2016/2017 yang telah menempuh materi bentuk aljabar kemudian dipilih tiga siswa untuk dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini berlangsung bulan Januari 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, siswa mengalami miskonsepsi pada bentuk aljabar. Selanjutnya miskonsepsi tersebut diatasi dengan menggunakan strategi analogi dan metode penemuan terbimbing. Cara tersebut disesuaikan dengan miskonsepsi yang dialami masing-masing siswa. Setelah miskonsepsi diatasi, diberikan tes tertulis bentuk aljabar dan wawancara kepada siswa dan hasilnya siswa tidak mengalami miskonsepsi bentuk aljabar lagi.