PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELILING DAN LUAS SEGITIGA SISWA SMP KELAS VII

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan komik matematika berbasis RME (Realistic Mathematics Education)  untuk meningkatkan kemampuan pemecahan keliling dan luas segitiga siswa SMP kelas VII. Pengembangan komik matematika berbasis RME ini menggunakan model pengembangan 4-D (four-D) yang terdiri dari empat tahap, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Komik  matematika berbasis RME divalidasi oleh tiga validator yang meliputi satu ahli media, satu ahli materi, dan satu praktisi guru matematika SMP. Setelah komik matematika berbasis RME dinyatakan valid, kemudian diujicobakan kepada sembilan siswa kelas VII SMP Wahid Hasyim Malang. Berdasarkan hasil analisis data, secara keseluruhan komik matematika berbasis RME yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata nilai dari semua validator adalah 3,2. Sedangkan pada uji coba user, komik matematika berbasis RME dinyatakan valid dengan rata-rata nilai kevalidan 3,44. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komik matematika berbasis RME dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi keliling dan luas segitiga.