IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTS AL-IHSAN KRIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan kendala yang ditemui guru beserta upaya guru untuk mengatasinya dalam implementasi pendekatan saintifik dengan authentic assessment kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika kelas VII MTs Al-Ihsan Krian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua guru matematika kelas VII MTs Al-Ihsan. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan yang merupakan bentuk dari implementasi pendekatan saintifik dengan authentic assessment di kelas VII MTs Al-Ihsan Krian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, guru matematika kelas VII MTs Al-Ihsan Krian mengimplementasikan pendekatan saintifik dan authentic assessment pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Guru juga menemukan beberapa kendala dalam kegiatan perencanaan yang berupa persiapan kurang matang dikarenakan tidak adanya waktu untuk membuat RPP dan sulitnya guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pelaksanaan, guru menemukan kendala yang berupa tidak adanya buku paket siswa dan saran prasarana yang kurang mendukung. Sedangkan dalam kegiatan penilaian pembelajaran kendala yang ditemukan berupa terlalu banyak aspek yang dinilai sehingga guru harus segera merekap nilai agar tidak menumpuk. Guru mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi tiap kendala yang dihadapi.