PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO (PMBP) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran matematika berbasis portofolio untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research), dengan langkah-langkah pengembangan: (1) investigasi awal (preliminary investigation) atau kajian awal; (2) rancangan (design); (3) realisasi/konstruksi (realization/construktion); (4) uji validasi ahli, uji coba (kepraktisan dan keefektifan), revisi; dan (5) implementasi (implementation). Hasil kajian menunjukkan bahwa hasil pengembangan model pembelajaran matematika berbasis portofolio pada siswa SMP memenuhi kriteria kualitas produk (model) yang valid, praktis, dan efektif. Hasil implementasi model menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Hasil kajian ini dapat dipertimbangkan untuk dipergunakan sebagai model alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran persamaan linear dua variabel di SMP.