ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Dalam artikel ini, akan disajikan analisis tingkat kemampuan berpikir matematis calon guru sekolah dasar yang ada di wilayah Kediri. Sampel penelitian yang digunakan adalah mahasiswa PGSD UN PGRI Kediri semester 6. Pemilihan sampel didasarkan pada temuan bahwa calon pendidik yang berasal dari perguruan tinggi kota Kediri terbesar terdapat di UN PGRI Kediri. Sedangkan dipilih mahasiswa semester VI dikarenakan mahasiswa tersebut telah menempuh matakuliah yang terkait dengan penguasaan konsep matematika. Sampel yang terpilih akan dianalisis kemampuan berpikir matematisnya dalam menyelesaikan masalah matematika. Indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir matematis didasarkan pada teori yang dikemukakan Stacey (2010) yaitu, 1) mengkususkan, 2) mengenelisasi, 3) menduga, dan 4) meyakinkan.