PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS KEMAMPUAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH METODE NUMERIK

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode numerik. Penelitian ini menerapkan model Guided Discovery Learning berbassis keterampilan proses pada maata kuliah metode numerik. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester 6 IKIP PGRI Bojonegoro tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/ evaluasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil tes prestasi belajar pada siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal belum memenuhi indikator keberhasilan, sedangkan hasil tes prestasi belajar pada siklus II menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai kategori baik dan memenuhi indikator keberhasilan. Karena tindakan pada siklus II ini sudah berhasil maka tidak perlu dilakukan tindakan pada siklus selanjutnya. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode numerik melalui model Guided Discovery Learning berbasis kemampuan proses.Kata Kunci: Guided Discovery Learning berbasis kemampuan proses, hasil belajar, dan metode numerik