ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KECENDERUNGAN MINAT MAHASISWA PASCA STUDI DENGAN METODE HONGARIAN
Abstract
Perguruan tinggi harus mereformulasi visi, misi dan tradisi yang berorientasi pada efisiensi dan profesionalisme guna membangun dan menghasilkan lulusan yang kompetitif. Universitas Islam Malang, termasuk di dalamnya Program Studi Pendidikan Matematika merupakan salah satu lembaga pendidikan yang turut andil dalam menyiapkan generasi unggul yang mampu bersaing. Setiap orang mempunyai cara yang unik untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapinya. Mahasiswa termasuk individu unik yang mempunyai eksistensi dan memiliki jiwa sendiri, serta mempunyai hak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan iramanya masing-masing yang khas yang dinamakan potensi kecerdasan. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang memiliki tantangan untuk bisa menghasilkan tenaga terampil yang dibutuhkan oleh lapangan kerja dan menghasilkan inovasi yang bisa memberikan manfaat ekonomis secara langsung bagi masyarakat. Tentu, hal ini akan sangat dipengaruhi oleh faktor multiple intelligences yang menjadi kecenderungan setiap individu. Dalam tulisan ini, peneliti melakukan kajian multiple intelligences terhadap kecenderungan minat mahasiswa pasca studiĀ dengan analisisĀ Metode Hongarian.Kata Kunci: Multiple Intelligences, Minat Mahasiswa, Pasca Studi, Metode Hongarian