Improving Students’ Reading Comprehension By Using Concept Mapping At Sixth Semester Of PGSD Program Of Open University Of Bengkulu

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanpemahaman bacaan siswa dengan menggunakan pemetaan konsep pada semester keenamPGSD FKIP of UPBJJ-UT Bengkulu. Metode penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK). Peserta dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 28mahasiswa semester keenam PGSD FKIP of UPBJJ-UT Bengkulu Pokjar KotaBengkulu pada Tahun Akademik 2.013,1. Instrumen yang terdiri dari rubrik pemetaankonsep, membaca hasil pemahaman tes, lembar observasi, dan wawancara. Data penelitianini dianalisis dengan menggunakan dua metode analisis data yaitu; metode kuantitatif danwualitative. Metode pertama digunakan untuk memeriksa dan menafsirkan data daripraktek pemetaan konsep dan membaca tes pemahaman dan yang kedua digunakanuntuk menganalisis semua data yang diambil dari observasi dan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Konsep Pemetaan meningkatkan 'membaca pemahaman, dan(2) perubahan pemahaman baca siswa disekolah dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu, (a)internal yang perubahan pemahaman bacaan siswa disekolah karena siswa siswa motivasi,minat dan pengetahuan umum, dan (b) faktor eksternal yang terdiri dari bahan bacaandan guru membaca.