THE EFFECT OF USING POWER POINT ANIMATION TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY (A STUDY AT THE FOURTH GRADE OF SD N 22 KOTA BENGKULU)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari media Power Point Animation dalam pengajaran bahasa inggris khususnya vocabulary. Penelitian ini menggunakan metode experiment yang terdiri dua grup: grup pertama sebagai kelas experiment dan grup kedua sebagai kelas control. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas empat SD N 22 Kota Bengkulu tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 51 orang siswa yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas IVA, IVB dan IVC. Untuk menentukan kelas samples, peneliti melakukan uji homogenitas dan normalitas dari tiga kelas populasi. Setelah itu peneliti menentukan dua kelas yang akan dijadikan kelas sampel (experiment dan control), dimana kelas IV A sebagai kelas control, IV B kelas experiment.Perlakuan yang diberikan pada kelas experiment dan control adalah sebanyak sembilan kali pertemuan. Materi yang diberikan adalah materi yang berdasarkan apa yang ada pada kurikulum ktsp (2006) yaitu shape, preposition dan occupation/profession. Sebelum peneliti memberikan perlakuan dikelas sample, peneliti memberikan pre-test kepada kelas sampel. Sedangkan Instrument yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 40 butir soal. Untuk melihat kelayakan soal, peneliti melakukan test uji coba dikelas yang berbeda (try-out class), dan peneliti menemukan 20 butir soal yang dibuang. Begitu juga untuk posttest. Untuk menganalisa data peneliti menggunakan rumus Dari Gay dan Airasian yang menunjukan adanya peningkatan nilai setelah perlakuan diberikan. Dengan pengujian statistik didapat bahwa adanya perbedaan dengan nilai rata-rata pada kelas experiment 76,47 dan kelas control 63,82 serta ttabel 2,04 dan tcalculated 3,19. Ini berarti adanya pengaruh yang significant terhadap Power Point Animation sebagai media dalam peningkatan kemamapuan siswa dalam vocabulary.