PENILAIAN SIKAP AFEKTIF SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PENILAIAN MATA PELAJARAN ILMU SOSIAL

Abstract

Penilaian pembelajaran pada umumnya hanya difokuskan pada aspek kognitif saja. Pada saat ini sedang digalakkan penilaian berbasis sikap afektif siswa, dalam rangka memenuhi target pemerintah untuk menanamkan pendidikan karakter. Aspek penilaian afektif meliputi 1) Attending atau Receiving, 2) Respond, 3) Valuing 4) Organization, 5) Characterization by evalue or calue complex. Aspek-aspek tersebut dimanifestasikan ke dalam butir-butir instrumen kuesioner. Setelah itu diberikan skor terhadap jawaban-jawaban yang telah dituliskan oleh siswa.  Setelah skor diberikan, maka dapat dilakukan interpretasi skor menjadi kategori-kategori yang dapat dijadikan acuan penilaian apakah siswa tersebut telah selesai melakukan target pencapaian pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dari berbagai refrensi penelitian dan textbook. Pembuatan instrumen penilaian ini harus mengacu pada kisi-kisi instrumen yang memenuhi 5 (lima) aspek penilaian afektif