The Use Of Concept Map Strategy In Improving Students’ Ability In Composing Descritive Text

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskriptif teks menggunakan strategi peta konsep di SMPN 1 Taba Penanjung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sample dari penelitian ini dalah siswa kelas VIIID di SMPN 1 Taba Penanjung yang terdiri dari 30 siswa. Data diperoleh dengan pemberian tes awal yang dilakukan sebelum adanya perlakuan dan memberikan tes pada siklus I, siklus II dan siklus III setelah adanya perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan terhadap pemahaman menulis siswa dengan menggunakan peta konsep di SMPN 1 Taba Penanjung (Bengkulu Tengah). Hal ini dibuktikan dengan perolehan perbedaan nilai rata-rata tes awal dan nilai rata-rata tes akhir. Rata-rata nilai tes awal adalah 47,06 atau 6,89% sedangkan rata-rata tes akhir adalah 54,41 atau 20,68% pada siklus I, 72,27 atau 96,55% pada siklus II, dan 82,44 atau 100% pada siklus III. Peningkatanya dari tes awal sampai tes akhir pada siklus III adalah 35,38 atau 93,11%.