PENGARUH KETERAMPILAN DAN POLA KOMUNIKASI MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 4 KOTA BENGKULU

Abstract

Salah satu unsur atau komponen penting dalam pendidikan yakni, adanya pendidik atau guru. Dimana  Kualitas dan mutu kegiatan belajar dan mengajar ditentukan juga dengan sejauh mana keterampilan dan komunikasi yang dibangun oleh guru. Guru adalah faktor penentu bagi keberhasilan pendidikan di sekolah, karena guru merupakan sentral serta sumber kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan Pertama, untuk mengetahui pengaruh langsung dan positif keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu. Kedua, untuk mengetahui pengaruh langsung dan positif pola komunikasi mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu. Ketiga, untuk mengetahui secara bersama- sama pengaruh langsung dan positif keterampilan dan pola komunikasi mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam  di SMKN 4 Kota Bengkulu?Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif tipe expost facto, dimana penelitian ini hanya menyebarkan angket kepada responden tidak melakukan manipulasi atau melakukan penelitian eksperimen. Adapun instrumen dalam pengumpulan data, yakni angket dan dokumentasi.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 170 orang, sedangkan sampelnya sebanyak 35 .Hasil penelitian secara parsial menunjukan adanya pengaruh yang positif dan langsung keterampilan mengajar terhadap hasil belajar siswa, dimana t hitung> t tabel(2.713 >2.042). Kemudian secara parsial pula tidak ada pengaruh yang positif dan langsung pola komunikasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa dimana t hitung< t tabel(1.243 <2.042). Sedangkan secara bersama sama terdapat pengaruh yang positif dan langsung keterampilan dan pola komunikasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, dimana F hitung > F tabel (14,047 > 3.30).