Kajian marjin pemasaran kopra di Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besarnya margin yang diperoleh setiap  lembaga  pemasaran  dan  efesiensi  pemasaran  pada  setiap  saluran pemasaran  serta  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  besar  kecilnya  marjin pemasaran di dalam proses pemasaran kelapa biji, kopra dan minyak kelapa di Kecamatan Oba. Penelitian ini untuk melihat populasi  petani kelapa dan pedagang yang terlibat dalam rantai pemasaran  kopra di Kecamatan Oba Kota  Tidore  Kepulauan.  Penarikan  sampel  dilakukan  secara  Purposive sampling  yaitu  sebagai  subyek  dari  populasi  guna  dijadikan  responden sebanyak 20 orang petani kelapa di empat (4) desa, Kecamatan Oba yaitu Desa Gita, Desa Toseho, Desa Payahe dan Desa Kusu Sinopa yaitu 4 orang pengumpul    kelapa  dan  6  orang  pedagang  kopra.  Semua  sampel  di  atas terlibat dalam rantai pemasaran dan dianggap mewakili populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam proses pemasaran  kopra di Kecamatan  Oba,  marjin  terbesar  diperoleh  yaitu  pedagang  pengecer  dan pedagang  pengumpul  ke  Kabupaten.  (2)  Saluran  pemasaran  yang  efisien dalam  proses  pemasaran  kopra  di  Kecamatan  Oba  adalah  pemasaran  II, yang  masing-masing  memperoleh  presentase  yang  lebih  rendah  dibanding presentase pada saluran pemasaran I, (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi besar  kecilnya  marjin  pemasaran  kopra  adalah  biaya  pemasaran  dan keuntungan  pemasaran,  sebab  nilai  t-hitung  kedua  variabel  tersebut  lebih besar dibanding t-tabel.