Pengaruh harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian ayam potong di pasar Gamalama
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian konsumen ayam potong, dengan jumlah responden 100 konsumen yang melakukan pembelian ayam potong di pasar Gamalama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh singnifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil pengujian regresi untuk variabel Harga terhadap Keputusan pembelian menunjukkan nilai thitung = 4.356 dengan nilai signifikansi 0.000, sedangkan hasil pengujian regresi untuk variabel Kualitas produk terhadap Keputusan pembelian menunjukkan nilai thitung = 2.220 dengan signifikansi 0,03. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, maka H0 diterima. Nilai F hitung sebesar 29.602 dengan signifikansi 0,000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan arah koefisien positif, dengan demikian diperoleh bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa harga, dan kualitas produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi (adjusted R²) yang diperoleh sebesar 0,765. Hal ini berarti 76,5% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel harga, dan kualitas produk.