Pengaruh harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian ayam potong di pasar Gamalama

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian konsumen ayam potong, dengan jumlah responden 100 konsumen yang melakukan pembelian ayam potong di pasar Gamalama.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh singnifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil pengujian regresi untuk variabel Harga terhadap Keputusan pembelian menunjukkan nilai thitung = 4.356 dengan nilai signifikansi 0.000, sedangkan hasil   pengujian   regresi   untuk   variabel   Kualitas   produk   terhadap Keputusan pembelian menunjukkan nilai thitung = 2.220  dengan signifikansi 0,03. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, maka H0 diterima.  Nilai   F   hitung   sebesar   29.602   dengan signifikansi 0,000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan arah koefisien positif, dengan demikian diperoleh bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa harga, dan kualitas produk  secara   bersama-sama   memiliki   pengaruh   yang   signifikan   terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi (adjusted R²)  yang diperoleh sebesar  0,765. Hal  ini  berarti  76,5% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel harga, dan kualitas produk.