ANALISIS KEBUTUHAN (NEED ASSESSMENT) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI KABUPATEN KEBUMEN

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali sejauhmana kebutuhan pengembangan instrumen penilaian kompetensi kepribadian guru di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Penentuan sampel digunakan metode purposive. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat kesimpulan yang mendorong perlunya pengembanagn instrumen, yaitu (1) Ditemukannya dua permasalahan besar yaitu belum mampunya sebagain guru untuk menjadi role model bagi murid, serta komitmen guru dalam menjalankan tugas profesionalnya dinilai masih lemah. (2) Pengembangan instrumen penilaian kompetensi kepribadian guru sangat mendesak untuk dilaksanakan (3) Sekolah belum dapat melakukan penilaian kompetensi kepribadian guru yang sistamatis dan terukur karena belum adanya instrumen penilaian yang direkomendasikan oleh pemerintah. (4) Terdapat tiga komponen yang menjadi rekomendasi sebagai indikator yang dinilai melalui instrumen tersebut, yaitu komitmen guru dalam menjalani profesi, norma kesopanan, serta motivasi guru untuk membebaskan siswa dari kebodohan. Pendekatan profetik sangat direkomendasikan sebagai dasar dalam penyusunan instrumen kompetensi kepribadian guru. Kata Kunci: Analisis kebutuhan, instrumen penilaian, kompetensi kepribadian guru