KONSEP TARGHIB DAN TARHIB DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK
Abstract
Tulisan ini membahas tentang konsep imbalan dan ancaman atau targhib dan tarhibsebagaimana ayat-ayat al Qur’an sebagian memuat pernyataan-pernyataan yang bersifat menjanjikan imbalan atau hadiah dan bersifat mengancam atau memberi hukuman. Dalam teori pembelajaran behavioristik, pemberian hadiah dan hukuman disebut sebagai bagian dari faktor yang mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran. Hasil dari tulisan ini menemukan bahwa konsep targhib dan tarhib dalam teori belajar behavioristik diposisikan sebagai stimulus atau rangsangan yang memberikan pengaruh terhadap motivasi pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Namun ada sisi perbedaan antara konsep targhib dan tarhid dengan kajian teori behavioristik. Jika teori behavioristik hanya merupakan kajian ilmiah terhadap perilaku yang bersifat observabledan capaian tujuan pembelajarannya hanya bersifat duniawi. Berbeda dengan itu, nilai-nilai yang terkandung dalam pernyataan imbalan (targhib) dan ancaman (tarhib) mempunyai konsekwensi keimanan terhadap kebenaran yang bersifat non observable yaitu mengenai realitas akhirat sebagaimana sebagian besar merupakan isi dari pernyataan targhib dan tarhib.