EVALUASI DIRI DAN PERENCANAAN KERJA PENDIDIKAN BAGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH/MADRASAH

Abstract

Artikel ini membahas tentang evaluasi diri dan  perencanaan kerja pendidikan bagi sebuah lembaga pendidikan seperti sekolah/madrasah, dan hubungan antara keduanya. Tujuannya adalah untuk menemukan hubungan antara evaluasi diri dan  perencanaan kerja pendidikan bagi upaya-upaya  peningkatan mutu  sekolah/madrasah. Pembahasan bersifat deskriptif-analitik  untuk memahami keduanya dan hubungan keduanya. Kesimpulannya adalah bahwa (1)proses evaluasi diri di sekolah/madrasah mutlak penting diselenggarakan untuk mengetahui posisi profil mutu sekolah/madrasah, untuk menyusun rekomendasi dan membuat skala prioritas, (2)perencanaan kerja pendidikan di sekolah/madrasah akan berlangsung sukses apabila berbasiskan evaluasi diri yang jelas, dan (3)suksesnya proses evaluasi diri menjadi  prasyarat suksesnya  perencanaan kerja pendidikan, dan semakin baik penyelenggaraan EDS/M dan perencanaan kerja pendidikan maka semakin jelas upaya peningkatan mutu pendidikan di suatu sekolah/madrasah.