PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 UNGGULAN WATAMPONE
Abstract
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Unggulan Watampone. Masalah penelitian ini, yaitu Apakah melalui penerapan pendekatan matematika realistik dalam proses pembelajaran, hasil belajar pada operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri 5 Unggulan Watampone dapat meningkat? Untuk meningkatkan hasil belajar pada operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri 5 Unggulan Watampone dengan menerapkan pendekatan matematika realistik. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (action research). Rancangan tindakan ini meliputi persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Prosedur pelaksanaan penelitian direncanakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah 35 orang, dan seorang guru. Teknik pengambilan data penelitian ini tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Pengoperasian hitung bilangan bulat melalui pendekatan matematika realistik sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika murid Kelas V SD Negeri 5 Unggulan Watampone dengan skor rata-rata hasil belajar matematika pada Siklus I masuk pada kategori sedang pada Siklus II masuk pada kategori tinggi.Kata kunci: hasil belajar matematika, pendekatan matematika realistik.