PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER II

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan buku ajar biologi siswa SMA kelas XI semester II berbasis pemecahan masalah yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan adaptasi model pengembangan 4-D (four-D model). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data mengenai hasil validasi buku ajar siswa berbasis pemecahan masalah yang diperoleh dari lembar instrumen validasi yang diisi oleh validator ahli, data mengenai tingkat kepraktisan yang diperoleh dari angket kepraktisan yang diisi oleh para validator dan para praktisi, dan data mengenai keefektifan yang diperoleh dari angket respon siswa yang diisi oleh siswa. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan menurut Hobri (2009). Hasil penelitian pengembangan buku ajar siswa berbasis pemecahan masalah menunjukkan bahwa nilai total hasil validasi dari para validator adalah 4,3 dan termasuk kategori valid. Hasil penelitian rata-rata tingkat kepraktisan dari para validator dan para praktisi  adalah 87,3%. Hasil penelitian keefektifan berdasarkan respon siswa adalah 94,7% siswa memberi respon positif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa buku ajar biologi siswa SMA kelas XI semester II berbasis pemecahan masalah  yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar Siswa, Biologi.