KAJIAN KONSEP PENGEMBANGAN MODEL SARANA PENDUKUNG PEMBELAJARAN IPA BAGI ANAK TUNADAKSA

Abstract

Berdasarkan SK Mendikbud Nomor: 0413/1981, SLB/D Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ditetapkan sebagai sekolah model yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi anak tunadaksa. Untuk memenuhi kualifikasi model, perlu dilengkapi sarana pendukung yang representative dan kapabel sehingga memperlancar tercapainya tujuan pembelajaran. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 pasal 36 bahwa kurikulum pada semua jenis dan jenjang pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik, maka pengembangan alat/sarana pendukung Sekolah Dasar (SDLB/D) harus diberikan secara terpadu dalam arti bahwa alam di sekitar siswa perlu diperkenalkan sebagai suatu keutuhan lingkungan di mana mereka berada.Kata Kunci: Pengembangan Model Sarana Pendukung Pembelajaran IPA, Landasan Pengembangan Model, Tujuan Pengembangan Model, Prinsip Pengembangan Model, Strategi  Pengembangan Model.