IbM PELATIHAN PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Abstract
Tujuan: (a) Memberikan pengetahuan dasar mengenai cara pengembangan motorik halus untuk pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. (b) Memberikan dasar pengetahuan tentang jenis permainan yang dapat meningkatkan motorik halus pada anak usia dini dan penerapannya di Taman Kanak-Kanak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah bervariasi dan sekilas praktek dalam cara peningkatan motorik halus pada anak dengan cara bermain. Kesimpulan: (1) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan, mendapat sambutan dan tanggapan positif dari guru taman kanak-kanak dan atau calon guru taman kanak-kanak di kota Makassar. Hal ini terlihat dengan kesungguhan para peserta untuk mengikuti penyajian materi dan pelatihan pengembangan motorik halus yang kami lakukan, mulai dari awal hingga akhir pertemuan. Saat penyajian materi dan pelatihan terjadi diskusi dan tanya jawab yang mendalam antara pembimbing dan peserta, yang hasilnya sangat memuaskan antara keduanya. (2) Pelatihan atau bimbingan tentang pelatihan pengembangan motorik halus anak usia dini, merupakan suatu kegiatan yang sangat menunjang program pendidikan kreativitas khususnya kreativitas anak untuk pembelajaran pada taman kanak-kanak untuk mengembangkan potensi anak usia dini. Saran: (1)Memperbanyak belajar sendiri tentang pengembanagn motorik halus pada anak usia dini. Seperti mengikuti pelatihan dan membaca buku-buku tentang pengembangan motorik halus .(2) Mengaplikasikan kegiatan-kegiatan pengembangan motorik halus dalam pembelajaran disekolah.(3) Sarana dan prasarana yang mendukung dalam penyajian kegiatan pengembangan motorik halus.(4) Kegiatan yang berkesinambungan tentang pelatihan pengembangan motorik halus pada anak.Kata kunci: motorik halus, otorik kasar, bermain