Penggunaan Media Kartu Domino Dalam Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Pada Siswa Kelas III SDN 240 Harue Kabupaten Bulukumba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan pada pembelajaran, meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa Kelas III khususnya pada Kompetensi Dasar “Operasi Hitung Campuran, dan melatih siswa agar terampil menggunakan media. Manfaat penelitian ini bagi guru yakni terampil dalam menggunakan alat peraga/media Kartu Domino dan menerapkan metode diskusi. Bagi siswa untuk meningkatkan kemampuanya menerima pelajaran Matematika pada Kompetensi Dasar “Operasi Hitung Campuran”. Untuk menyelesaikan masalah yang timbul sebagai upaya pemecahanya adalah dilaksanakan penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus.Simpulan yang diperoleh setelah penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga kongkrit/media Kartu Domino dan metode diskusi hasil belajar siswa dapat meningkat.