PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA TEKNIK LARI MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 2 WATAMPONE KABUPATEN BONE

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Teknik Lari Melalui Pembelajaran Langsung Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone. Subjek penelitian ini adalah kelas X-2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone dengan jumlah siswa 34 orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari lima tahap, yaitu tahap refleksi awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil    penelitian ini menyimpulkan bahwa; (1) Secara kuantitatif, hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada teknik lari melalui pembelajaran  langsung siswa Kelas X-2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone pada teknik lari sebelum pelaksanaan tindakan dikategorikan kurang. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 59,68 dan siklus II dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 67,42, (2) Secara kualitatif persentase siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan pada teknik lari. Dari hasil analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan memberikan strategi pembelajaran langsung, dan memberikan umpan balik pada setiap tugas yang diberikan kepada siswa, dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan pada teknik lari melalui pembelajaran  langsung siswa Kelas X-2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.Kata Kunci: Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan, teknik lari, pembelajaran langsung