PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 118 PINRANG
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah apakah model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 118 Pinrang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran arias (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN 118 Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dua siklus yang mana setiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I berada pada kategori kurang, siklus II pada kategori cukup dan siklus III pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN118 Pinrang.Kata Kunci: model pembelajaran ARIAS, menulis karangan narasi.