Peningkatan Keterampilan Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Sriwijaya Dalam Membuat Media Pembelajaran IPS SD Berbasis Edutainment

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan mahasiswa PGSD FKIP Univeristas Sriwijaya dalam membuat media pembelajaran IPS SD berbasis edutainment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD Angkatan 2016 FKIP Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya yang berjumlah 39. Jumlah tersebut terdiri dari 34 Mahasiswi dan 3 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi. Oleh karena itu, instrument penelitian ini adalah lembar pedoman observasi keterampilan mahasiswa PGSD FKIP Univeristas Sriwijaya dalam membuat media pembelajaran IPS SD berbasis edutainment.  Penelitian tindakan ini dilakukan secara bersiklus yang tiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus dalam penelitian ini terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan data nilai rata-rata keterampilan mahasiswa PGSD FKIP Univeristas Sriwijaya dalam membuat media pembelajaran IPS SD berbasis edutainment, diketahui bahwa terjadi peningkatan dari 73.72 pada siklus I menjadi 88.97 pada siklus II. Oleh karena itu, penelitian ini berakhir pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa keterampilan mahasiswa PGSD FKIP Univeristas Sriwijaya dalam membuat media pembelajaran IPS SD berbasis edutainment telah mengalami peningkatan.