Penerapan Pendekatan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas IV SD Negeri 003 Bangkinang Kota
Abstract
Permasalahan yang diamati dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 003 Bangkinang Kota, guru belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif. Hal ini disebabkan keterbatasan alat peraga dan kurangnya variasi penerapan metode maupun pendekatan pembelajaran, guru lebih cenderung menggunakan pendekatan konvensional. Siswa dalam pembelajaran belum dijadikan subjek belajar, kebanyakan siswa menerima materi yang disampaikan guru berupa hafalan. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa, adapun nilai rata-rata hasil belajar IPA semester I dengan pendekatan dan metode yang biasa digunakan guru mencapai 70 dibawah KKM. Pembelajaran dengan menggunakan kontruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa juga menjadi lebih aktif dalam belajar. Hal itu dapat terlaksana karena permasalahan yang diajukan sering mereka temui dalam kehidupan sehari-hari, berakibat siswa termotivasi untuk aktif melakukan percobaan dalam kelompoknya. Dengan menggunakan metode ini, siswa sudah mulai cenderung untuk aktif dalam pembelajaran. Penerapan pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 003 Bangkinang Kota, dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang terlihat pada rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 6,96 meningkat menjadi 7,48 pada siklus II. Dengan demikian pembelajaran IPA dengan penerapan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 003 Bangkinang Kota pada mata pelalajaran IPA.