Penggunaan Metode Problem Solving Dengan Bantuan Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran PKn Di SD Negeri 150 Lausa Kabupaten Soppeng

Abstract

Kajian permasalahan tersebut dirumuskan; (1) Bagaimana penggunaan metode problem solving dengan bantuan tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pembelajaran PKN di SD Negeri 150 Lausa, dan (2) Bagaimana hasil peningkatan penggunaan metode problem solving dengan bantuan tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pembelajaran PKN di SD Negeri 150 Lausa? penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan melalui siklus. Setiap siklus dilakukan beberapa tahap (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi). Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2016/2017 semester dua bulan Januari sampai Maret Mata Pelajaran PKN materi peran Indonesia di kawasan Asia Tenggara. Dan dilaksanakan di SDN 150 Lausa berjumlah berjumlah 15 siswa, yakni laki-laki 6 siswa dan perempuan 9 siswa. untuk mengukur tingakat pencapain hasil belajar digunakan instrument pengamatan dan tes hasil belajar siswa. dilakukan teknik pengamatan dengan tujuan mengamati segala aktifitas siswa selama proses pembelajaran sedangkan teknik tes dilakukan unntuk mengukur pencapaian ketuntasn hasil belajar siswa. peningkatan hasil belajar siswa dikatakan berhasil apabila skor 70 dan secara klasikal murid mencapai 80%. Hasil penelitian , nilai yang diperoleh siswa  pada siklus I sebanyak 46.7% sdangkan siklus II yaitu siswa jumlah persen 80%. Secara keseluruhan  penerapan metode problem solving  dengan bantuan tutor sebaya disimpulkan bahwa mampum menyelesaikan permasalahan siswa di kelas. Namun, diharpakan kepada perlaku pendidikan, kepala sekolah, pengawas dan guru kelas lain dalam menggunakan metode problem solving berbantu tutor sebaya harus lebih kreatif dalam berinovasi.