PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 21 PAREPARE
Abstract
Permasalahan penelitian ini yaitu apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD N 21 Parepare Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 21 Parepare Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dua siklus yang mana setiap siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I berada pada kategori kurang, siklus II pada kategori cukup dan siklus III pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sifat operasi hitung bilangan bulat pada kelas IV SD N 21 ParepareKata Kunci: Model Numbered Head Together, hasil belajar.