Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Di Kabupaten Gowa
Abstract
Penelitian ini menelaah Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Inpres Taeng-Taeng Kabupaten Gowa. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa?. (2) apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa. (2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif Jenis penelitian yang dilakukan adalah True-Experimental Design adalah sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun kelompok kontrol diambil secara random dari populasi tertentu. Desain penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah Desain Matching Pretest-Posttest Control Group Design. penelitian sampel acak (Therandomized pretest-posttest control grouf design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas III SD di Kabupaten Gowa yang berjumlah 836 Sekolah Dasar. Adapun yang menjadi sampel adalah siswa kelas III SD Inpres Taeng-Taeng Kabupaten Gowa sebanyak 58 orang yaitu 28 sebagai kelas eksperimen dan 28 sebagai kelas konrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan media Puzzle pada mata pelajaran matematika di Taeng-Taeng Kabupaten Gowa memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang meningkat sehingga memberikan pengaruh yang signifikan.