Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Togethers)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas V SD ST.Theresia Marsudirini 77 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi hasil belajar pada pra siklus dan hasil belajar dari tes tertulis pada siklus 1. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil belajar siswa pada pra siklus dengan siklus 1. Hasil penelitian pada pra-sepeda motor diperoleh data dari 45 siswa ada 13 siswa (28,89%) yang tuntas (≥70) dan 32 siswa (71,11%) belum selesai (˂70) dengan nilai rata-rata kelas 54,11. Sedangkan pada siklus pertama data hasil belajar berubah menjadi 34 siswa (75,55%) lengkap (≥70) dan 11 siswa (24,44%) belum selesai ˂70) dengan nilai rata-rata kelas 78,79. Berdasarkan hasil analisis uji t keduanya memiliki signifikansi 0,00 atau ˂ 0,05 (ɑ). Jadi dapat disimpulkan hasil pembelajaran pra siklus dengan siklus 1 adalah signifikan. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada proses pembelajaran terbukti meningkatkan hasil belajar siswa sebanyak 21 siswa diikuti oleh rata-rata kelas 24,68.