KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES IPA MAHASISWA PGSD UPP PAREPARE (IPA Process Skil Ability By the Students of PGSD UPP Parepare)
Abstract
Penelitian penguasaan keterampilan proses IPA mahasiswa PGSD UPP Parepare bertujuan memperoleh informasi tentang keterampilan proses IPA yang kurang dikuasai oleh sebagian besar mahasiswa PGSD UPP Parepare. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan sasaran mahasiswa PGSD UPP Parepare kelas C4 berjumlah 56 orang. Menggunakan sampel populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati kemampuan keterampilan proses IPA mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan. Sedangkan dokumentasi dimaksudkan adalah menilai laporan hasil kegiatan mahasiswa yang tertuang dalam lembar kegiatan mahasiswa. Data yang diperoleh diolah dengan statistik deskriptif berupa tabulasi, analisis, presentase dan frekuensi kumulatif. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut:1) Kemampuan keterampilan proses IPA mahasiswa PGSD UPP Parepare tersebar pada rentang 1,50 sampai dengan 3,63 dari 4,00 yang merupakan nilai tertinggi yang mungkin dicapai. 2) Keterampilan proses IPA yang sukar dikuasai oleh sebagian besar mahasiswa adalah keterampilan proses IPA terpadu, rata-rata penguasaan mahasiswa adalah 1,84. 3) Keterampilan proses IPA yang pada umumnya dikuasai oleh sebagian besar mahasiswa adalalah pengamatan, rata-rata penguasaan mahasiswa adalah 3,02 sedangkan keterampilan proses IPA lainnya penguasaan di bawah 3,00. Berkaitan dengan hasil penelitian ini disarankan agar dosen IPA dapat memperbaiki strategi pembelajaran agar aspek kemampuan keterampilan proses IPA mahasiswa dapat lebih ditingkatkan, sebagai salah satu bekal mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru yang berkualitas di sekolah dasar pada masa yang akan datang.Kata kunci : Kemampuan, Keterampilan Proses IPA