PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI SISWA KELAS V SD NEGERI 68 KEC. BACUKIKI KOTA PAREPARE

Abstract

Studi ini menelaah penerapan model inkuiri pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu Apakah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil blajar IPA tentang gaya dengan menerapkan metode inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil pembelajaran IPA mengenai gaya. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare, sebanyak 17 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki – laki dan 7 siswi perempuan. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dan dikategorikan kurang, namun pada siklus II indikator keberhasilan telah tercapai dan dikategorikan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare.Kata Kunci: hasil belajar, metode inquiry