PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Abstract

Matematika merupakan pengetahuan yang sifatnya abstrak dan bernalar deduktif, serta dalam memahaminya memerlukan pemikiran yang tinggi. Siswa SD yang masih berada dalam taraf  berpikir konkret dan dalam mengambil suatu kesimpulan masih menggunakan cara berpikir induktif. Dari kedua hal yang tidak sejalan itu diperlukan jembatan penghubung (metode), yang dapat menghubungkan keduanya. Salah satu metode yang telah berhasil menghubungkan kedua keadaan di atas adalah dengan melalui pembelajaran kooperatif, namun diperlukan pemaduan dengan model-model pembelajaran lainnya. Model pembelajaran tersebut antara lain adalah model pembelajaran perubahan konseptual. Model pembelajaran konseptual berakar dari teori pemrosesan informasi dan dalam ide-ide mengenai pergeseran paradigma. Pembelajaran inovativ yang difasilitasi dengan nuansa kooperatif mengkomunikasikan kebutuhan siswa untuk belajar berinteraksi sosial secara afektif dan psikomotor dengan sesama teman di sekolah. Oleh sebab itu, pembelajaran kooperatif sangat perlu diimplementasikan karena disamping dapat memberikan kemudahan belajar, juga memfasilitasi siswa untuk memahami makna learning to live together.Kata kunci: pembelajaran inovativ