MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ENERGI GERAK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS IV SDN 142 BORONG AMPIRIE I KABUPATEN SINJAI
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar energi gerak pada siswa kelas IV SDN 142 Borong Ampirie I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD? Penelitian ini dilaksanakan pada di SDN 142 Borong Ampirie I. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN 142 Borong Ampirie I. Data dikumpulkan dengan tes, observasi dan catatan lapangan. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan ini meliputi: (1) diagnosis masalah, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, dan (5) refleksi dalam setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar energi gerak siswa kelas IV SDN 142 Borong Ampirie I mengalami peningkatan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD dan mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 7,0. Kata kunci: pembelajaran kooperatif model STAD, hasil belajar