PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEMAMPUAN SOFT SKILLS MAHASISWA FIK UNJ DALAM MEMASARKAN PRODUK-PRODUK OLAHRAGA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soft skills mahasiswa FIK UNJ setelah menyelesaikan materi pada mata kuliah Kewirausahaan. Pengukuran dalam penelitian ini melibatkan masyarakat dalam menilai soft skills dengan memasarkan produk-produk olahraga. Data-data yang diperoleh melalui angket yang menjelaskan beberapa variabel yakni performa penjual (mahasiswa FIK UNJ) dengan indikator penilaian etika dan sopan santun serta ketepatan janji kepada masyarakat calon konsumen. Variabel kedua adalah ketertarikan terhadap produk yang ditawarkan dengan pengenalan dan pemahaman produk olahraga, harga yang ditawarkan danĀ  sarana promosi. Terakhir variabel ketertarikan masyarakat terhadap produk yang ditawarkan melalui pengetahuan/pengenalan produk olahraga yang ditawarkan, komunikasi yang efektif dan timing dalam penawaran produk olahraga.Kata Kunci: soft skills, kewirausahaan, produk olahraga