PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJAAN KETERAMPILAN KOMPUTER BAGI MAHASISWA PGSD
Abstract
Masalah utama dalam proses pembelajaran komputer saat ini ialah tingkat penguasaan keterampilan komputer bagi mahasiswa yang masih dikategorikan belum baik karena penerapan media audiovisual belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan komputer untuk meningkatkan keterampilan mengoperasikan komputer bagi mmahasiswa PGSD dan (2) untuk mengetahui peningkatan kinerja dosen melalui penerapan media audiovisual dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pengajaran langsung yang dilaksanakan selama dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian meliputi dosen dan mahasiswa kelas B.75 yang sedang memprogramkan mata kuliah keterampilan komputer dengan jumlah mahasiswa 45 orang. Hasil yang dicapai menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan mengoperasikan komputer bagi mahasiswa PGSD yang ditunjukkan dari adanya peningkatan aspek psikomotor. Demikian pula respon mahasiswa yang sangat positif terhadap penerapan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan komputer.Kata Kunci : media, komputer, mahasiswa, audio visual