PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJAAN KETERAMPILAN KOMPUTER BAGI MAHASISWA PGSD

Abstract

Masalah utama dalam proses pembelajaran komputer saat ini ialah tingkat penguasaan keterampilan komputer bagi mahasiswa yang masih dikategorikan belum baik  karena penerapan media audiovisual  belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan komputer untuk meningkatkan keterampilan mengoperasikan  komputer bagi mmahasiswa PGSD  dan (2) untuk mengetahui peningkatan kinerja dosen melalui penerapan media audiovisual dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran  menggunakan model pengajaran langsung yang dilaksanakan selama dua siklus,  tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan  tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian meliputi dosen dan mahasiswa kelas B.75 yang sedang memprogramkan mata kuliah keterampilan komputer dengan jumlah mahasiswa 45 orang. Hasil yang dicapai menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan mengoperasikan  komputer bagi mahasiswa PGSD yang ditunjukkan dari adanya peningkatan aspek psikomotor.  Demikian pula respon mahasiswa yang sangat positif terhadap penerapan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan komputer.Kata Kunci : media, komputer, mahasiswa, audio visual