PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SD NEGERI KIRU KIRU KABUPATEN BARRU

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran yang mengarah kepada peningkatan hasil belajar IPS. Subyek siswa sebanyak 18 orang semester IV 2012. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan pembelajaran. Data kuantatif diperoleh melalui tes untuk hasil belajar dan data kualitatif  tentang kegiatan guru dan siswa melalui lembar observasi. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa skor rata- rata hasil belajara IPS siswa mengalami peningkatan. Pada siklus pertama skor rata-rata hasil belajar berada pada kategori “cukup”. Dan pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar berada pada kategori “sangat baik”. Secara kualitatif terjadi peningkatan motivasi, minat, dan aktivitas siswa, serta kegiatan guru  dalam proses pembelajaran kooperatif  think pair share  meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPS mengenal permasalahan sosial.Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran IPS, think pair share