DESKRIPSI PERSEPSI TENTANG STATISTIKA DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIS (STATISTICAL THINKING) PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS TERPADU FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Abstract
Abstrak; Beberapa mahasiswa Ilmu Sosial menyebutkan bahwa mereka kurang menyenangi statistika dan kurang memperhatikan apabila diberikan tugas dari dosen mata kuliah statistika. Salah satu aspek yang dinilai dalam ilmu statistika adalah kemampuan berpikir statistis atau Statistical Thinking Ability. Kemampuan berpikir statistis adalah kemampuan untuk mengerti dan memahami proses statistis secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan (i) untuk mendeskripsikan gambaran persepsi tentang statistika ditinjau dari tingkat kemampuan berpikir statistis (statistical thinking); (ii) untuk mengetahui asosiasi antara persepsi tentang statistika dengan kemampuan berpikir statistis (Statistical Thinking); (iii) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi tentang statistika pada mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial UNM.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari enam orang mahasiswa jurusan pendidikan IPS Terpadu yang terdiri dari dua orang berkemampuan tinggi, dua orang berkemampuan sedang, dan dua orang berkemampuan rendah..Pengumpulan dilakukan dengan triangulasi teknik atau metode yang berarti mengumpulkan data dari sumber yang sama dengan menggunakan teknik yang berbeda yaitu tes tertulis berupa angket dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan hasil pengujian Chi-Square tersebut diperoleh dan , dimana , berarti terdapat hubungan atau asosiasi yang signifikan antara kemampuan berpikir statistis (Statistical Thinking) dengan persepsi tentang statistika. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi tentang statistika yang diperoleh dari data tersebut yaitu: faktor ketelitian dan pemahaman, tingkat kesulitan atau struktur cara kerja permasalahan statistika, prestasi awal mahasiswa tentang perhitungan, kondisi ruangan kelas belajar, dan jumlah mahasiswa.