Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping Berbasis ICT

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah memengaruhi penggunaan berbagai jenis media, sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Maka para pengajar diharapkan dapat menggunakan alat-alat atau perlengkapan tersebut secara efektif dan efisien dalam pembelajaran di kelas. Dalam makalah ini membahas tentang bagaimana cara memilih dan merancang media pembelajaran berbasis ICT dalam pendidikan agama Islam (PAI), karena pemilihan dan perancangan media ICT ini sangat penting bagi guru agar tujuan pengajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Dalam pemilihan media, perlu memperhatikan hal-hal lain:   kompetensi   dasar   dan   indikator   apa   yang   akan   dicapai   dalam  suatu   kegiatan pembelajaran ataupun diklat. materi pembelajaran (instruksional content), keakraban media dan karakteristik siswa/guru, dan adanya sejumlah media yang bisa diperbandingkan karena pemilihan media pada dasarnya adalah dasar pengambilan keputusan dari sejumlah media yang ada ataupun yang akan dikembangkan. Dalam merancang media, seyogyanya melalui tiga tahap utama, yaitu: Define (pembatasan),  Develop (pengembangan) dan Evaluation (evaluasi). Sedangkan kriteria media pembelajaran yang baik idealnya meliputi 4 hal utama, yaitu: kesesuaian atau relevansi, kemudahan, kemenarikan, dan kemanfaatan. Alat pengukur keberhasilan  siswa  ini  perlu  dirancang  dengan  seksama  dan  seyogyanya  dikembangkan sebelum naskah program media ditulis atau sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Alat ini dapat berupa tes, penugasan ataupun daftar cek perilaku.