Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Siswa Kelas XI Mipa I Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Watampone
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas XI MIPA 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Watampone melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIPA 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Watampone tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 43 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi siswa. Dari skor hasil belajar yang dicapai siswa terlihat adanya peningkatan yaitu: skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kemampuan awal adalah 37,79 dengan standar deviasi 17,92. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar matematika siswa mencapai 63,63 dari skor ideal 100 dan standar deviasi 7,94, setelah dilanjutkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar matematika siswa mencapai 72,98 dari skor ideal 100 dan standar deviasi 6,91. Hal tersebut di atas mengidentifikasikan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa Kelas XI MIPA 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Watampone setelah diadakan penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).