Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle dalam meningkatkan Hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) Model pembelajaran Inside Outside Circle dan (2) Hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi merduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle mengalami peningkatan yaitu dari siklus I dengan kategori cukup dan siklus II dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.