Pengaruh Iklim Sekolah dan Kreativitas Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar IPS Peserta Didik di SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (i) mengetahui pengaruh antara iklim sekolah terhadap prestasi belajar IPS; (ii) mengetahui pengaruh antara kreativitas pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS; dan (iii) mengetahui  pengaruh secara bersama-sama antara iklim sekolah dan kreativitas pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS di SD Kartika Jaya XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasinya adalah seluruh siswa SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar yang berjumlah 265 orang Tahun Ajaran 2018. Teknik penyampelan yang digunakan adalah multistage random sampling sehingga diperoleh sebanyak 159 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS, Hal ini menunjukkan bahwa jika iklim sekolah kondusif maka prestasi belajar peserta didik juga akan tinggi; kreativitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS, hal ini menunjukkan bahwa jika kreativitas pembelajaran tinggi maka prestasi belajar peserta didik juga tinggi; Iklim sekolah dan kreativitas pembelajaran bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS peserta didik di SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar, hal ini menunjukkan bahwa interaksi antara iklim sekolah dan kreativitas pembelajaran akan menunjukkan prestasi belajar peserta didik yang tinggi.