Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Integrasi Nilai – Nilai Karakter) Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Sudirman II Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi pengintegrasian nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas IV/V SDN Sudirman II Makassar, (2) Bentuk penilaian nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas IV/V SDN Sudirman II Makassar, (3) Faktor yang mempengaruhi pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di kelas IV/V SDN Sudirman II Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penilaian proses belajar dan dokumentasi. Pengabsahan data di lakukan dengan perpanjang pengamatan (prolonged engagement), meningkatkan ketekunan (persistent observation), dan triangulasi (peer debriefing). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di lakukan beberapa tahap pertama, pada kegiatan awal adalah membudayakan berdoa sebelum belajar. Kedua, membahas materi pelajaran sesuai dengan perangkat pembelajaran silabus dan RPP berdasarkan kurikulum 2013 yang di integrasikan nilai-nilai karakter kedalam pembelajaran IPS. Ketiga, guru memotivasi murid untuk lebih giat belajar, kemudian guru menutup pelajaran dengan membaca do’a. (2) Faktor yang mempengaruhi pengintegrasian nila-nilai karakter adalah karena Adanya paradigma yang sama antara kepala sekolah dan guru tentang pengintegrasian nilai-nilai karakter peserta didik terhadap pembelajaran IPS.