Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar 2016-2017)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (i) menganalisis bagaimana pengaruh citra merek terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung para mahasiswa di PPs Universitas Negeri Makassar; (ii) menganalisis bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung para mahasiswa; (iii) menganalisis bagaimana pengaruh harga produk terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung para mahasiswa; (vi) menganalisis bagaimana pengaruh promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung para mahasiswa; (v) menganalisis bagaimana pengaruh citra merek, kualitas produk, harga produk dan promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung para mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program pascasarjana Universitas Negeri Makassar yang menggunakan smartphone merek Samsung. Penarikan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode insidential sampling sebanyak seratus orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang terdiri dari uji t atau parsial dan uji F atau simultan terhadap variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Variabel citra merek berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa.; (ii) Variabel kualitas produk berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa; (iii) Variabel harga produk berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa; (vi) Variabel promosi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa; (v) Variabel citra merek, kualitas produk, harga produk dan promosi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa program pascasarjana Universitas Negeri Makassar.